Kalau ditny, Knp org memilih naik taksi ketimbang transportasi umum lainnya? PASTI alasan pertama krn ingin CEPAT. Yup, dgn taksi kita bisa lbh cepat sampai ke tmpt tujuan krn tdk hrs berhenti ngeTem spt bis atw angkot & klo perlu bisa lewat jalan pintas. Tapi bgmn klo ternyata sopir taksinya malah TIDAK TAHU JALAN?
Memang hal ini sgt menyebalkan apalagi sopir tsb bnr2 BUTA terhadap jalan2 yg notabene jalan besar. Sdh beberapa kali sy & keluarga mengalami hal tsb bhkn yg paling parah dialami ibu sy sendiri. Saat itu ibu sy yg berusia 50 thnan sengaja pulang cepat dr tmpt kerjanya utk ke RS. Fatmawati krn adik sy kecelakaan. Krn ibu sy memang tdk tau jalan & tau klo begitu byk sopir taksi yg tdk tau jalan akhirnya sblm naik taksi beliau bertny dahulu ke sopirnya "tau jalan ke RS. Fatmawati Pak?" Si sopir menjwb dgn yakin "tau!". Ibu sy akhirnya naik taksi yg terbilang ternama tsb SENDIRIAN dari Halte Cijantung melewati tol. Tapi ternyata ibu sy malah dibawa muter2 jauh sampai ke pondok indah. Keluarga yg dirmh sakit terus menelpon ibu sy yg 'terjebak' ditaksi tsb utk menanyakan lokasi ibu sy ada dimana. Ibu sy yg memang tdk tau jalan, hny blg 'tdk tau'. Krn panik bercampur emosi, ibu saya langsung marah ke sopir sambil berkata "td katanya tau jalan ke Rs. Fatmawati?" Si sopir hny terdiam. Taksi yg sdh tdk jelas berada dimana & terjebak dikemacetan pula membuat ibu sy makin kesal. Lalu, ibu sy menyuruh si sopir bertanya ke org sekitar utk minta ditunjukkan arah jalan ke RS. Fatmawati. Stlh bertanya & mencari jalan cukup lama akhirnya ibu sy sampai di RS. Fatmawati sambil (tetep) marah2.
Dari kasus spt ini, hrsnya pihak perusahaan taksi mentraining sopir2nya khususnya soal arah jalan (misalnya, jalan Jakarta & sekitarnya) krn byk sekali sopir yg ternyata seorang pendatang dr daerah lain & langsung bisa bekerja sbg sopir taksi. Bayangkan org yg benar2 buta jalan dibiarkan memegang tanggungjwb sbg sopir.
Klo memang para pendatang yg 'buta' jalan tsb merupakan satu2nya opsi yg diterima sbg sopir. Harusnya pihak perusahaan taksi bisa menfasilitasi GPS disetiap armadanya. Atw simpelnya bisa memanfaatkan alat komunikasi yg memang sdh tersedia di armada taksi misalnya sblm membawa penumpang bisa ditanya ke kantor pusat soal petunjuk arah tujuan si penumpang.
Pokoknya hrs diusahakan agar ketdktauan jalan si Sopir Taksi tdk menyusahkan penumpang apalagi klo kejadiaannya urgent spt yg ibu sy alami.
No comments:
Post a Comment