Hari Kamis Tgl 12 Feb 2015 sekitar jam 8.30 malam sy isi pulsa (seperti biasa) via m-banking sebesar Rp. 25.000. Sehingga pulsa sy yg tdnya Rp. 48 ribuan jadi bertmbh Rp. 73 ribuan. Lalu Rp. 50.000 sy gunakan utk meneruskan paket unlimited internet. Selanjutnya, sy mulai instal bbrp aplikasi gratis di play store.
Sekitar jam 10 an, tiba2 dtg sms secara beruntun dari nomor 808 & 99909 yg isinya kira2 menjelaskan soal Iring/"mp3" & sy (katanya) sdh mengaktifkan layanan tsb. Sy yg mulai curiga akhirnya cek pulsa. Dan ternyata bnr kerugiaan saya, sisa pulsa sy yg tadinya Rp. 23 ribuan akhirnya tinggal Rp. 1900an. Gila bnr baru isi pulsa bbrp jam lalu malah disedot Rp. 20ribuan HANYA DLM BEBERAPA DETIK.
Akhirnya sy telp ke CS & menjelaskan keluhan sy ditengah malam itu jg. Panjang lebar sy jelaskan. Lalu si operator bertny 'apakah sy prnh endaftar layaanan tsb?' Sy dgn sgt jelas menjawab 'tdk pernah mendaftar begituan'. Si operator jg mengatakan klo nomor 99909 bukan dari Indos*t. Lalu si operator menjelaskan instruksi utk unreg layanan2 tsb. Utk 808, sy dihrskan mengirim sms unreg ke nomor tsb. Sedangkan utk 99909, sy dihrskan mengirim sms STATUS ke nomor 726. Semua sms gratis.
Setelah itu sy coba mengikuti instruksi operator Indos*t. Utk nomor 808 bisa diunreg tp utk sms ke 726 mendpt sms balasan 'tdk terdaftar layanan apapun dlm sistem kami'. Krn sy bingung dgn sms balasan tsb, sy telp CS lg. Sy pun hrs bercerita ulang ttg permslhn sy sambil menjelaskan instruksi unreg yg telah diberikan operator sblmnya. Sampai akhirnya operator ybs mengatakan akan dibuatkan laporan utk diteruskan ke pihak terkait.
Di pagi harinya, lagi2 dtg sms beruntun dari 808 & 99909. Sy langsung cek pulsa, tp kali ini pulsa berkurang cuma Rp. 200 bbrp kali. Krn sy bingung knp sms2 tsb msh meneror sy akhirnya sy nelpon CS berkali2. Sy menjelaskan kembali keluhan sy sejak semalam. Lucunya salah satu operator mengatakan klo sms 99909 membuat pulsa sy berkurang Rp. 2000. HAH!!! Sy yg ga terima lgsng blg "bukan Rp. 2000 pulsa sy tersedot tp Rp. 20.000an". Sampai akhirnya si operator mengatakan hal yg sama spt operator sblmnya spt "nomor yg berkurang pulsanya?""nomor lain yg bs dihubungi?" "Kami akan buatkan laporan utk diteruskan ke pihak terkait""prosesnya minimal 1x24 jam".
Stlh itu msh ada lagi teror sms dari 808,99909 & gilanya msh ditambah sms lain dr 2 nomor berbeda lainnya; nomor yg jmlhnya 5 digit & dimulai dgn angka 9 spt 99909 sblmnya. Krn kekesalan sy sdh sampai diubun2 akhirnya sm telp lagi ke CS & komplain via twitter. Sy kirim penjelasan via DM cukup panjang bhkn sy blg bgmn perbedaan dalih yg dikatakan 2 operator CS. Operator pertama blg 99909 bkn dr Indos*t TAPI bgmn dgn nomor 808 yg dtgnya slalu bersamaan dgn sms 99909 apalagi disms paling pertama secara sepihak sy dinyatakan tlah mengaktifkan IRING. Termsk sy blg dalih operator ke 2 yg mengatakan nomor 99909 tlah membuat pulsa sy berkurang Rp. 2000 pdhl jelas pulsa sy berkurang Rp. 20.000an saat sms beruntun dari 99909 & 808. Dan lucunya stlh itu admin twitter seolah2 berusaha menyalahkan sy atas berkurangnya pulsa dgn blg klo sy mungkin prnh mendaftar layanan atau link. Terang sj sy tdk terima dgn pemutar balikkan fakta tsb dgn menjadikan sy yg salah. Lalu sy bls DM admin @Indos*tcare dgn mengatakan sekali lg "sy tdk prnh mendaftar layanan apapun. Bisa ditelusuri/dicek klo memang sy mendftr layanan atau link (yg dituduhkan)". Lalu si admin membalas "pihak kami sdg dlm penanganan. Harap ditunggu".
Kira2 dihari yg sama, sy mendpt sms dari Indos*t klo nomor 9909 & nomor 5 digit lainnya sdh diblokir. Wlpn sy bersyukur tp disisi lain sy msh agak parno utk mengisi pulsa utk sementara wkt.
Dari kejadian tsb bs diambil byk pelajaran diantaranya bagi yg mengalami kasus sedot pulsa JGN PERNAH menggampangkan. "Ah, cuma duit Rp. 20 ribu doank!" Krn justru semakin byk org yg menggampangkan pulsa yg tersedot maka mafia sedot pulsa bs makin menggila dgn melakukan aksinya & ujung2nya mrklah yg dpt keuntungan besar sdgkan kita sbg pelanggan setia justru dirugikan.
Selain itu dgn kita yg melapor kasus yg kita alami minimal pihak provider tdk membiarkan kasus kecurangan tersebut terjadi di 'rmh'nya sendiri terhadap para penghuninya sendiri yaitu para pelanggannya. Klo memang perlu Utk memproses aksi penyedotan pulsa,mentionlah akun twitter menteri informatika atw YLKI saat menjelaskan kasus yg kita alami.
Tapi luar itu semua ada hal menarik stlh kasus ini dinyatakan tlah diselesaikan oleh pihak provider ybs yaitu sampai skrg sy tdk lg dikirim sms2 'sampah' yg isinya promo2 paket Indos*t atw diskon resto yg biasanya (dulu) dikirim rutin SETIAP HARI bhkn prnh sms dtg tengah malam.
Update : 5 hari stlh pelaporan pertama & 4 hari stlh (katanya) nomor2 penyedot pulsa itu dinyatakan tlah diblokir, sy tiba2 menerima sms m-tronik pengisian pulsa Rp 10.000. Sy cek pulsa ternyata bnr pulsa sy bertambah. Terus terang sy sgt heran 'siapa yg tlah mengirim sy pulsa tsb?''apakah pihak Indos*t?'atw'org yg pulsa ke nomor yg SALAH?'.
Update lagi : Ternyata yg kirim pulsa Rp. 10.000 adalah pihak Indos*t. Sy baru sj nerima sms dari mrk klo "keluhan sy dgn nomor xxxxx sdh selesai ditangani & sdh dilakukan penghentian layanan 99909 & sdh dilakukan pengembalian pulsa sebesar Rp. 10.000". Wlpn CUMA Rp 10.000 pdhl yg tersedot Rp. 20ribuan ya disyukuri aja. Anggap aja pihak Indos*t msh bertanggung jwb atas kasus sedot pulsa yg sy alami.
Update selanjutnya : Sblmnya sy blg klo ga dikirim sms 'sampah' Indos*t yg berupa promo2, ternyata baru saja nerima sms 'sampah' lagi. Huh!!!!!
Semoga nantinya kasus sedot pulsa tdk terjadi lagi. ;)
No comments:
Post a Comment