Penampilan memang msh dianggap hal yg penting bagi sebagian besar masyarakat. Dgn hny melihat penampilan saja, seseorang seolah2 spt sdh bisa menebak bagaimana latar belakang org yg dilihatnya.
Memang sah2 saja, kalau setiap org melakukan hal tsb. Tapi kalau melihat org dari luarnya saja dijadikan patokan utama penilaian seseorang terhdp org lain bisa jd membahayakan baik dlm menjalin hubungan ataupun usaha.
Lucunya dari pengalaman yg pernah saya amati, org2 yg jabatannya lbh rendah justru lbh sering memandang org spt konsumen/pelanggannya dari casing luarnya. Jabatan spt pelayan, penjaga toko, ataupun satpam yg seharusnya jadi garda terdepan dari image sebuah toko/perusahaan dgn seenaknya sendiri bersikap arogan bahkan melebihi sikap boss mrk sendiri.
Contoh saja, mantan pembantu saya. Awalnya dia diterima sbg pembantu krn dpt rekomendasi dari tmn yg mengatakan org tsb sgt butuh kerjaan khususnya tmpt tinggal krn sblmnya dia numpang dirmh saudaranya dan tidur dilantai di ruang tv. Stlh diterima ditmpt saya, ternyata terlihat segala prilakunya. Coba bayangkan dia lbh sibuk dgn 2 hapenya (parah kan! Pembantu pny dua hape) ketimbang kerjaannya. Dia pun sgt hobi tidur siang bhkn hobinya ini pernah sampai beresiko menbahayakan rumah (kebakaran). Sbg pembantu, dia tdk bisa ganti tabung gas & tdk bisa disuruh malahan dia balik nyuruh2. Pdhl selama saya pny pembantu tdk pernah diperlakukan tdk wajar bhkn pembantu pun bisa makan makanan yg sama yg kami makan dimeja tp si pembantu ini malah berti sikap kelewat batas maka dari itu sebulan kemudian dia dipecat.
Cerita lainnya terjadi ketika suatu hari saya mengantar ibu saya ke toko furniture langganan dekat rmh. Bisa diblg langganan krn kami memang membeli furniture di toko itu sejak toko msh kecil. Bhkn ibu sayapun sampai kenal dgn pemilik toko. Hari itu rencananya ibu saya mau melihat2 apakah di toko tsb menjual meja kursi makan jati. Krn jaraknya sekitar 400 m dari rmh, saya & ibu berpakaian santai & berangkat hanya naik angkot. Sampai di toko tsb, saya & ibu melihat2 satu2nya set meja kursi makan jati. Namanya konsumen mau membeli tentunya ibu saya bertanya ke 2 pelayan toko wanita yg hanya duduk2 tanpa menghampiri kami yg dtg ke toko tsb.
Ibu saya bertanya "yg ini harganya berapa?"
Salah satu pelayan toko menjawab "mahal!"
Lalu ibu saya membalas " ya brp?"
Pelayan lalu baru menjawab harga satu set meja kursi tsb.
Lalu ibu saya bertanya "apakah ada yg model bulat?"
Pelayan menjwb ada sambil menunjukkan brosur yg ada foto2 furniture lainnya.
Lalu ibu saya bertanya sambil menunjuk salah satu foto "klo yg spt ini brp?"
Si pelayan lagi2 menjawab "mahal!"
Ibu saya yg memang awalnya berniat membeli set meja makan jati bulat akhirnya tidak jd membeli set meja makan yg tersedia di toko tsb. Lalu sblm pulang, ibu saya tiba2 melihat2 matras latex size king. Ibu saya pun jd tertarik dgn matras tsb.
Beliau lalu bertanya ke pelayan toko "klo tmpt tidur ini brp?"
Si pelayan menjawab "oh, yg itu mahal!"
Ibu saya yg mulai ilfeel dgn sikap di pelayan lalu bertanya sedikit ketus "brp?"
Si pelayan menjawab "7,2 juta"
Stlh mengetahui ibu saya pasti membeli tmpt tidur tsb, kedua pelayan tsb langsung berubah sikapnya 180°. Mrk yg tadinya begitu meremehkan konsumen tiba2 berubah jd spt sangat2 "pelayan" yg nunduk2, ramah & hormat. Apalagi setelah mengetahui ibu saya bayarnya kontan, ga pake DP2an maka makin menjadi2 pelayanlah sikap kedua wanita tsb. Sampai2 mrk menawarkan bbrp furniture lain sambil (akhirnya) mau berdiri.
Dilain kesempatan, pernah jg ibu saya mengalami kejadian tdk menyenangkan dari salah satu SPG dep. store ternama yg juga berkata kalau produk pakaian yg berada di wilayah yg dia tunggu itu "harganya tinggi". Ibu saya yg enggan membuat keributan lalu pergi meninggalkan SPG tsb.
Satpam jg bersikap bersikap hampir sama. Satu ketika saya mengantar ibu ke salah satu bank dkt rmh. Ibu saya berniat ganti buku tabungan krn buku lama udh full. Si Satpam (yg memang cuma itu2 saja) spt biasa membuka/menutup pintu setiap kali nasabah dtg/pergi ke/dari bank tsb sambil mengucapkan salam termsk saat saya & ibu dtg. Krn ibu saya mau ganti buku maka berurusan dgn petugas bank yg berada dilantai dasar. Saya & ibu duduk di kursi tunggu yg tersedia. Lalu, tibalah giliran ibu saya yg dilayani oleh petugas bank sedangkan saya tetap menunggu. Stlh beberapa lama, tiba2 si satpam yg tadi menghampiri saya dan bertanya "ada keperluan apa?". Lalu saya menjawab "sedang menunggu" sambil mengarahkan jari telunjuk saya ke ibu saya yg sedang dilayani petugas bank. Si satpam berkata "Ooh" lalu pergi.
Awalnya saya msh anggap wajar sikap si satpam tsb sampai akhirnya, muncul salah seorang pelawak bertubuh pendek yg dtg dgn mengendarai mobilnya. Si pelawak turun dari mobil sambil sibuk dgn Hapenya. Si satpam yg melihat kedatangan pelawak tsb, lalu sok akrab menyapa "halo, Boss!! Hape baru?". Seketika itu pula saya tersadar, klo sikap si satpam itu tergantung penampilan nasabah yg dtg ke bank tsb. Klo nasabahnya dtg dgn penampilan biasa (wlpn itu perempuan) langsung dianggap mencurigakan tapi kalau nasabahnya keliatan jelas statusnya misalnya spt "artis" (wlpn kurang terkenal spt pelawak tsb) maka si satpam siap "menjilat" atw cari muka.
Bukan hanya terjadi terjadi pd saya & ibu, tp ayah saya pun mengalami hal yg sama. Ayah saya selalu berpenampilan biasa bhkn tiap kali keluar rumah lbh sering mengenakan t-shirt & celana pendek. Ayah saya pun sgt suka bergaul dgn siapa saja termsk dgn tukang parkir & pelayan rumah makan. Bhkn saking akrabnya, ada yg manggil Pak'de. Ayah saya pernah cerita, salah satu pelayan baru rumah makan langganan dkt rumah bertanya pertanyaan yg sgt aneh. Pelayan itu bertanya "Bpk, tidurnya dimana?". Ayah saya yg memang sgt suka bercanda lalu menjawab agak nyeleneh "ya disekitar sini". Bbrp hari kemudian saat pulang shalat jum'at, ayah saya pulang bareng dgn pelayan tsb. Saat sampai didpn rumah, ayah saya blg ke pelayan itu "mari duluan". Si pelayan dgn wajah melongo hanya senyum. Prnh jg satu hari (hari minggu tepatnya), ayah saya membeli bbrp air mineral galon di mini market dekat rumah. Ayah saya memarkirkan mobilnya tepat diparkiran minimakret. Lalu, beliau masuk utk tanya apa ada air galon atau tdk ke kasir. Si kasir menjawab "ada!". Ayah saya langsung membayar & kembali ke mobil utk menurunkan galon2 kosong. Si pegawai minimarket yg lain, membawa galon berisi air mineral ke mobil. Krn pegawai tsb kenal ayah saya, mrk berdua berbincang2 tapi yg paling lucu adalah pertanyaan terakhir si pegawai. Dia tanya ke ayah saya "ini mobil siapa pakde". Ayah saya cuma senyum2 saja sedangkan ibu saya yg berada didlm mobil ketawa sekaligus terheran2 krn ayah saya yg gemuk seperti itu kok bisa2nya sering dianggap gembel; mulai dari ditanya tidurnya dimana sampai mobilnya siapa.
Tante saya pun mengalami hal serupa dgn kesongongan "pelayan". Beliau bekerja sbg kepsek, disekolahnya ada penjaga sekolah. Dan lucunya, penjaga sekolah ini songongnya minta ampun. Klo disuruh mengerjakan tugasnya ibarat harus nahan emosi tingkat tinggi krn si penjaga sekolah ini slalu berasa dirinya itu bos.
Selain kisah tsb diatas, byk jg org2 yg menceritakan curahan kekesalan mrk terhadap ulah songong pelayan di surat pembaca. Semisalnya, kisah pelayan salah satu resto pizza yg dgn jahatnya nyeletuk "memangnya bisa bayar" ketika konsumennya yg berpakaian biasa memesan byk makanan. Atau bagaimana seorang pelayan toko elektronik lbh melayani konsumen bule ketimbang konsumen sesama pribumi. Dan msh byk lagi cerita lainnya (silahkan cari & baca sendiri di mbah gugle).
Semestinya hal tsb tdk boleh terjadi apalagi org2 tsb merupakan GARDA TERDEPAN dari sebuah usaha. Bagaimana sebuah toko bisa laris manis bukan hanya tergantung bagaimana kualitas produk yg dijual tapi bagaimana service yg diberikan org2 yg bekerja di toko tersebut. Saya jd ingat, toko perhiasan langganan ibu. Wlpn toko tsb pny begitu langganan, tapi si pemilik toko yg beretnis tionghoa bisa hafal nama ibu saya & menyapa tiap kali dtg ke toko tsb. Jika saya & ibu dtg ke toko tsb & para pelayannya sibuk dgn urusannya masing2, si pemilik toko yg kebetulan cuma melintas & melihat kami langsung memanggil salah satu pelayannya utk buru2 melayani kami. Tak jarang ketika ibu saya lagi sibuk melihat2 perhiasan, si pemilik toko yg baru dtg akan menyapa ibu saya sambil tersenyum wlpn tiap kali saya & ibu dtg ke toko tsb dgn pakaian sangat biasa. Makanya tdk heran toko tsb bisa besar spt skrg bhkn pny cabang 3 tmpt pdhl dulu hanya sebuah toko kecil.
Itulah bukti, klo service lah ke konsumen termasuk yg paling utama. Seorang bos pemilik toko justru bisa bersikap ramah terhadap semua konsumennya mau bagaimanapun bentuk wujud konsumennya. Baginya, asalkan tokonya pny kredibilitas baik dlm segi pelayanan, produk yg dijual laris manis & syukur2 konsumennya jd langganan yg terus dtg lagi & lagi. Dan kalaupun calon konsumen tdk jd membeli, justru bos pemilik toko tidak MEREMEHKAN konsumen tsb krn baginya dgn pelayanan baik skrg, bisa saja konsumen itu terkesan & akhirnya nanti bisa dtg lagi utk membeli & bisa saja konsumen tsb merekomendasikan tokonya ke org2 sekitarnya. Tapi (ANEHNYA) org2 yg jabatannya rendah justru bersikap arogan & terlebih dahulu berasumsi buruk terhadap calon konsumennya sendiri HANYA dgn melihat penampilan konsumen yg tdk sesuai harapan mrk. Mrk seolah2 bisa menebak latar belakang ekonomi calon koncumen hanya melihat dari penampilan luarnya; yg berpakaian necis pasti berduit & berpakaian seadanya pasti bokék pdhl semuanya BELUM TENTU!!! Akhirnya yg dirugikan siapa? Tentunya mrk sendiri & toko tempat mrk bekerja, krn calon konsumen jdnya akan ilfeel utk dtg & membeli di toko tsb.
Saya jd teringat lg wkt saya ke minimarket yg jg dkt rmh, spt biasa krn cuma ke minimarket makanya berpakaian santai saja. Suatu ketika, minimarket itu cuma ada bbrp konsumen, si pegawai minimarket sejak saya masuk terus membuntuti saya spt biasa dgn cara mrk yg seolah2 akting membereskan barang2 yg ada didkt saya berdiri. Lalu, ada salah satu konsumen yg membayar ke kasir & otomatis pegawai itu balik lagi kekasir (wlpn disitu ada temannya yg sesama pegawai minimarket). Saya yg masih mencari2 barang2 yg akan dibeli terus berputar mengelilingi lorong2 minimarket tsb sampai pd akhirnya sy bertemu dgn 2 org yg tiba2 panik melihat saya. Posisinya salah seorang jongkok & yg lain membelakangi saya sambil salah satu tangannya memasukan sesuatu ke dlm bajunya. Saya tersadar dgn keanehan tsb akhirnya cuma hanya bisa diam & pergi meninggalkan mrk. Dari situ saja kita bisa lihat bhwa si pegawai minimarket jg memandang org hny dari casing luarnya saja & begitu mudahnya mencurigai konsumen yg berpakaian seadanya spt saya tapi disisi lain mrk sendirilah yg akhirnya membuka celah oknum2 konsumen yg penampilannya rapih utk berbuat macam2 spt mengutil.
No comments:
Post a Comment